News

Pemuda dan Warga Kanco, Gotong Royong Bangun Jembatan Gantung, Kades Heran

 

Karya Rakyatku. Com, Bone Sulsel. -Pemuda dan Warga Desa Kanco Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, khususnya yang berdomisili di Dusun Soga bergotong royong membangun Jembatan Gantung.

Antusias warga setelah melihat kondisi Jembatan di dusun  tersebut tidak bisa lagi digunakan karena ambruk setelah diterjang banjir beberapa bulan lalu.

Dan saat ini jembatan yang diinisiasi pemuda dan warga setempat sudah bisa difungsikan oleh warga, walaupun belum selesai 100%.

Jembatan yang menghubungkan antara Desa Kanco dan Desa Ajangpulu, Kecamatan Cina tersebut, satu satu jembatan yang menghubungkan kedua desa tersebut, sehingga fungsinya sangat vital sebagai akses ekonomi.

Usai diterjang banjir, Pemuda dan warga Kanco berinisiatif untuk membangun jembatan dengan cara mengumpulkan dana.

Upaya pengumpulan dana sangat diapresiasi masyarakat. Dari pengumpulan dana terkumpul sebanyak Rp. 25 juta, selain uang yang terkumpul, ada juga masyarakat yang berpartisipasi berupa pasir, batu pondasi dan semen.

Jembatan gantung panjangnya kurang lebih 40 meter Lebar 1,75 m sudah bisa dilewati masyarakat.

“Kenapa kami  membuat jembatan karena kami merasa peduli dan kasihan terhadap adik adik kita mereka harus menyebrang melewati jembatan darurat berupa sebatang kayu yang dijadikan. Jembatan untuk menyebrang dan itu berbahaya sekali nyawa taruhannya” Ungkap Bahar pemuda kanco

Kepala desa kanco H. Baharuddin saat di konfirmasi melalui telpon, dia menyampaikan kalau jembatan itu sudah ditender bahkan pemenangnya sudah ada namun dari pemerintah daerah belum ada anggarannya dari Jakarta, karena anggarannya berupa dana pinjaman maka pihaknya tidak bisa berbuat apa apa.

“Tidak ada yang bisa kami lakukan karena anggarannya besar kurang lebih 3 Milliar dari mana warga masyarakat bisa dapat uang begitu banyak” kata H. Baharuddin melalui Via telpon

Yang mengherankan setelah adanya jembatan darurat yang dibangun oleh warga dan pemuda kanco justru kepala desa sendiri tidak tau siapa yang punya inisiatif pembuatan jembatan tersebut.

Untuk itu, warga berharap kepada pihak pemerintah agar jembatan ini dapat segera dibangun permanen agar ti nyaman untuk digunakan. (Nur)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top