News

Ketua DPRD Bone Terima Pengaduan Warga Bengo

 

Karya Rakyatku. Com, Bone – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bone Irwandi Burhan, SE, MM menerima sejumlah warga Desa Wallimpong, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone Sulawesi Selatan di Ruang Kerjanya, Selasa 2/11/2021).

Kedatangan sejumlah warga di kantor para orang terhormat itu untuk menyampaikan aspirasi terkait berbagai masalah yang ada di desanya.

Aspirasi yang disampaikan mulai dari persoalan transparansi penjaringan Kepala Dusun yang dinilai tidak sesuai mekanisme, dan Imam Desa yang tidak menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

Selain itu masalah lainnya yaitu adanya pungutan liar Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) pembuatan sertifikat tanah, di mana sejumlah warga dimintai uang Rp 350 ribu untuk pembuatan sertifikat, namun sampai sekarang tak kunjung jadi.

Salah satu pembawa aspirasi yang mewakili warga bernama H. Ansor mengatakan, persoalan pungutan pembuatan sertifikat Prona ini sudah lama sejak 2017 lalu, dan sampai sekarang belum ada realisasi.

“Untuk Prona, itu sudah lama bahkan sempat adem setelah ada pengembalian, namun pengembalian itu belum menyeluruh, saat ini masih ada sekitar 20 warga yang belum dikembalikan uangnya,” kata H Ansor.

Ia menyebutkan, pungutan liar kepada warga sebesar Rp. 350 per orang itu dilakukan seorang oknum perangkat desa berinisial AD. Namun belakangan diketahui bahwa Prona tersebut tidak pernah ada di Desa Wallimpong.

”Program Prona di desa ini tidak pernah ada, itu berdasarkan keterangan dari Kepala Badan Pertanahan, karena waktu itu kami sempat menanyakan ini langsung ke kantornya,” tegas Ansor.

Terpisah, Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan yang dikonfirmasi terkait kedatangan warga yang mengatasnamakan “Palakka Wallimpong” membenarkan soal aduan tersebut.

”Aspirasinya sudah kita terima dan secepatnya akan kita dorong ke komisi terkait untuk ditindaklanjuti,” ujarnya politisi Partai Golkar itu.

Andi Basri.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top