Berita Utama

Penularan dan Penyebaran HIV AIDS di Bone Mengkhawatirkan

Karya Rakyatku. Com, Bone Sulawesi Selatan.–HIV AIDS merupakan penyakit menakutkan, karena sampai saat ini belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan secara permanen bagi penderita.

Olehnya pencegahan dan penanggulangan menjadi utama agar penyebarannya bisa dikendalikan, sehingga masyarakat bisa terhindarkan.

Gejala awal bagi penderita yang terinfeksi HIV AIDS hampir tidak bisa dideteksi, karena gejala tidak nampak atau kentara seperti penyakit lainnya, gejala tersebut nanti muncul setelah penderita beberapa bulan bahkan tahunan baru bisa muncul dan terdeteksi.

Untuk mencegah penularan dan Penyebaran HIV AIDS, khususnya di Kabupaten Bone dibentuk satu wadah yakni Komisi Penanggulangan AIDS diketuai Wakil Bupati Bone.

Untuk memberikan informasi terkait penanggulan HIV AIDS dan jumlah penderita dan sebarannya di Kabupaten Bone, Komisi Penanggulan AIDS menggelar pertemuan Warga Peduli AIDS Kabupaten Bone yang digelar di Hotel Novena, Kamis (28/10/2021).

Pertemuan dihadiri beberapa Kepala Desa dan Lurah dan dibuka oleh Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, MM.

Dari data yang disampaikan, bahwa penyebaran dan penularan HIV AIDS sangat mengkhawatirkan karena dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Dalam lima tahun terakhir ini ada peningkatan penyebaran dan penularannya dari 2016-2020.

2016  sebanyak 24 kasus dan kematian sebanyak 7 penderita.  2017 sebanyak 28 kasus dengan kematian 6 penderita, 2018 terjadi peningkatan yang cukup signifikan  yakni 45 dengan kematian sebanyak 16 penderita, 2019 ada 65 kasus dengan kematian 27 penderita dan 2020  ada 75 kasus dan kematian sebanyak 20 penderita.

Total keseluruhan sejak 2016 hingga 2020 jumlah penderita sebanyak 237 dan jumlah kematian sebanyak 76 penderita, dan dari 237 penderita HIV sebanyak 176 penderita dan AIDS sebanyak 61 penderita..

Wakil Bupati Bone menghimbau dan mengharapkan agar semua stakeholder memberikan informasi terkait bahaya HIV AIDS, dan bersama menanggulangi penyebaran dan penularan HIV AIDS di masyarakat.

Sekadar diketahui HIV human inmonodefeciency Virus yakni virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel. AIDS Arquered Immuno Defeciency Sindrom merupakan tahapan akhir dari penyakit infeksi. HIV.

Andi Basri

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top