News

Muskab Kadin Bone Sempat Diwarnai Perdebatan, Dr Cheriani Terpilih Setelah Dinyatakan Calon Tunggal

WATAMPONE, KARYA RAKYATKU.COM– Musyawarah Kabupaten (Muskab) Kamar Dagang dan Industeri (Kadin) Kabupaen Bone menghantarkan Dr. Cheriani, S.Si, M.Pd  menjadi Ketua Kadin Kabupaten Bone masa bakti 2021-2026.

Terpilihnya Cheriani menjadi Ketua Kadin Bone setelah beberapa bakal calon lainnya menyatakan diri mengundurkan diri sebelum dimulainya laga  untuk memperebutkan pimpinan tertinggi di Kadin Bone, seperti Ir Amran Haruna, Muhammad Akbar, dan H. Firdaus.

Sementara dua Kandidat Ketua Kadin lainnya masih bertahan, yakni Dr. Cheriani dan Dr. Awaluddin, kedua kandidat yang bergelar Doktor ini diprediksi akan bertarung sengit untuk memperebutkan kursi orang nomor satu Kadin di Bumi Arung Palakka ini.

Muskab Kadin diselenggarakan di Hotel Novena Watampone, Senin
(26/7/2021), Sebelum dimulai pemilihan, Firadaus Deppu selaku pimpinan sidang menanyakan kesiapan kedua Calon terkait kesiapannya untuk maju bertarung.

Fitdaus Deppu memberikan kesempatan pertama pada Dr. Awalauddin untuk menyatakan apakah siap atau tidak untuk maju bertarung, dan ternyata Awaluddin tidak siap dan menyerahkannya pada Dr, Cheriani, sehingga pimpinan sidang menetapkan Cheriani sebagai calon tunggal.

Setelah ditetapkan sebagai calon tunggal akhirnya Cheriani terpilih
secara aklamasi untuk menjadi ketua Umum Kadin Kabupaten Bone 2021-2026.

Saat pembahasan Tata Tertib (Tatib) sempat diwarnai perdebatan terkait masalah kepesertaan, karena banyak yang tidak tahu siapa sebenarnya yang berhak memberikan hak suara pada Muskab Kadin Bone 2021 ini, karena sampai saat ini mereka tidak mengetahui ada dia anggota Kadin atau bukan sehingga, butuh legalitas formal untuk mengikuti Muskab.

Seperti yang diutarakan Dr. Awaluddin dan Ajiz Alkatiri, kami ini tidak mengetahui sejauhmana legalitas formal yang ada di tempat Muskab ini, sehingga perlu diverifikasi, apakah mereka terdaftar sebagai anggota Kadin atau tidak.

Perdebatan ini sempat berlarut beberapa menit, karena Ajiz Alkatiri
bersikeras untuk dilakukan verifikasi peserta sebelum memasuki sidang-sidang pleno termasuk pleno pemilihan ketua.

Usulan tersebut diterima pimpinan sidang untuk dilakukan verifikasi peserta, dan setelah dilakukan verifikasi sidang sidang pleno berjalan ancar sampai terpilihnya Cheriani memimpin Kadin Bone 2021-2026.

Sekadar diketahui pimpinan sidang pada Muskab Kadin Bone 2021 yakni, Firdaus Deppu (ketua Sidang Kadin Sulsel), Asmarjun (Sekretaris), H.Syamsuddin, Sofyan Samsuniar dan Hj. Nur Wanda (Anggota).

laporan Andi Basri.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top