Politik

Dua Tahun Jelang Suksesi Bupati Bone, Sejumlah Nama Mulai Mencuat

Bone, Karyarakyatku.com– Memasuki tahun ke tiga Kepemimpinan Tapadal Jilid II, sudah ramai dibicarakan siapa-siapa bakal calon baik Bupati maupun Wakil Bupati yang akan menggantikannya. Walaupun masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bone berakhir Oktober 2023, akan tetapi masyarakat sudah memunculkan dan menggadang-gadang sejumlah tokoh yang akan tampil untuk menggantikan kepeminpinan Tafadal di Bumi Arung Palakka.

Regulasi yang ada, Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati maksimal dua priode baik priode berturut turut maupun priode terpisah, setelah itu tidak boleh lagi dicalonkan dan mencalonkan diri, membuat Bupati Bone sekarang ini Andi Fahsar Mahdin Padjalangi tidak bisa lagi dicalonkan dan mencalonkan diri.

Pertanyaan yang muncul di tengah masyarakat siapa setelah Fahsar, apakah dinasti Padjalangi akan kembali meminpin atau ada pendatang baru akan merebut kepempinan.

Ada dua nama yang sering diperbincangkan di dinasti Padjalangi, Yakni Andi Yaqking Padjalangi (Adik Kandung Bupati Bone saat ini), mantan anggota DPR Provensi Sulawesi selatan ini sudah tidak asing lagi di Kabupaten Bone dan Andi Rio Idris Padjalangi (Ponakan langsung Bupati Bone saat ini) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), anggota DPR RI tiga priode ini juga sangat merakyat dan dekat sekali sama rakyat dan punya kans besar untuk menjadi Bupati Bone.

Andi Akmal Pasluddin juga mencuat namanya, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, jauh jauh sebelumnya sudah merayap khususnya dikalangan petani, juga punyak kans jadi Bupati Bone.

H. Ambo Dalle, Wakil Bupati Bone dua priode ini dan mantan ketua DPPRD Bone, juga namanya mencuat untuk memipin Bone 2024 mendatang, Tokoh Golkar dan PMI ini punya juga peluang beras untuk menjadi Bupati.

Andi Mangungsidi Massarappi, Anggota DPRD Provensi sulawesi selatan dikenal sangat idealis dan konsisten dalam jalur perjuangan, namanya juga mencuat untuk calon Bupati Bone, Sebelum terjun di dunia politik (Partai Gerindra) Andi Mangung adalah birokrasi tulen dan jabatan terakhirnya yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provensi Sulawesi selatan.

Saipullah Latif, legislator Kabupaten Bone yang sudah empat kali terpilih menjadi wakil rakyat ini dikenal di DPRD Bone sebagai singa

forum, juga punya kans untuk menjadi pemimpin di Bone. politisi Partai Bulan Bintang (PBB)ini sangat piawai di DPRD sehingga mampu mempengaruhi dan mewarnai putusan-putusan di DPRD Bone.

Andi Irwandi Natsir, anggota DPRD Provensi Sulawesi selatan dari Partai Amanat Nasional ini juga punya kans untuk menjadi peminmpin di Kabupaten Bone. Sebelum menjadi anggota DPRD Provensi, A. Irwandi Natsir, Wakil Ketua DPRD Bone.

Andi sultan Pawi, politisi (Ketua Partai Berkarya) Kabupaten Bone ini juga mencuat namanya untuk menjadi kandidat peminpin Bone 2024. Mantan Kepala Dinas PU Kabupaten Bone ini punya kans karena tokoh Bone yang satu ini dinilai sangat merakyat.

Dikalangan Birokrasi ada nama Andi Sumardi sulaeman, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provensi Sulawesi Selatan ini, ramai disebut akan maju bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu di Kabupaten Bone. Saudara kandung PLT Gubernur Sulsel ini punya kans besar maju di Pilkada Bupati Bone.

HJ. Andi Syamsir Halid, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone ini sangat berpeluang untuk menjadi calon pemimpin Bone baik sebagai Bupati maupun sebagai wakil Bupati. Adik Kandung Tokoh Golkar Indonesia Andi Nurdin Halid, sangat berpeluang disamping punya kafasitas untuk itu, juga mewakili Gender yang selama ini belum pernah ada perwakilan perempuan diposisi Bupati dan Wakil Bupati.

Andi Promal Pawi, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bone ini,sebelumnya pernah Calon Wakil Bupati Bone berpasangan dengan Andi Taufan Tiro (ATT), tapi beliau belum mujur, namanya mencuat di masyarakat untuk memimpin Bone kedepan.

Andi Ihwan Bur, birokrat yang satu ini sebelum menjadi Asisten di sekretariat Daerah Bone, dia dipercaya menjadi Kepala Dinas Tata Kota. Tokoh birokrasi ini juga piawai dan merakyat dan layak juga memimpin Bone.

Andi Agus, salah seorang masyarakat Kabupaten Bone menyebut bahwa nama-nama tersebut semua layak memimpin Bone, baik sebagai Bupati maupun sebagai Wakil Bupati.

Tapi kita tunggu saja pasti ada nama selain nama tersebut yang akan muncul dan memberikan daya kejut.

“Tapi siapapun nantinya yang akan menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bone, kami berharap untuk membangun Bone yang lebih baik disemua sektor,” harap Andi Agus.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top