News

Quick Respond Tim SAR Batalyon C Pelopor Tangani Pohon Tumbang di Jalan Poros Bajoe

BONE, KARYA RAKYATKU.COM– Hujan lebat yang mengguyur Kota Watampone pada Senin sore (04/01/20) mengakibatkan sebuah pohon besar di jalan Yos Soedarso Kelurahan Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone tumbang. Pohon yang berjenis Terembesi ini tumbang dengan posisi melintang di tengah badan jalan dan menyebabkan akses jalan menuju pelabuhan penyeberangan Bajoe harus
dialihkan.

Mendapat informasi ini tidak sampai 30 menit setelah kejadian, Tim SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel telah berada di lokasi untuk mengevakuasi pohon tumbang yang juga menyebabkan kemacetan ini. Selang beberapa saat Tim SAR dari Basarnas dan BPBD Kabupaten Bone juga turut bergabung memotong bagian pohon menjadi kecil agar mudah di evakuasi dari badan jalan.

Berkat kesigapan dan kerja sama dari Tim SAR Gabungan akhirnya pohon berukuran besar ini berhasil dievakuasi dari badan jalan dalam waktu kurang dari 30 menit. Setelah berhasil dievakuasi dari badan jalan, akhirnya jalan Poros Bajoe yang sempat tertutup oleh batang pohon tumbang ini dapat kembali dilewati oleh seluruh kendaraan.

Camat Tanete Riattang Timur yang juga berada di lokasi kejadian mengapresiasi tindakan cepat dari Tim SAR gabungan dalam mengevakuasi pohon tumbang di wilayahnya ini.

” Kami sangat mengapresiasi gerakan cepat dari Tim SAR gabungan utama dari personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel yang pertama kali tiba di lokasi kejadian. Berkat gerakan cepat dari tim SAR gabungan ini, jalan Poros Bajoe yang sempat tertutup batang pohon dapat kembali dilalui oleh kendaraan,” ujar Camat Tanete Riattang Timur.

Sementara itu saat ditemui oleh awak media, Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos. mengatakan bahwa salah satu wujud dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat adalah kesigapan kami dalam merespon setiap kejadian yang dapat menggangu aktivitas masyarakat dan membahayakan keselamatan orang banyak utamanya di musim penghujan saat ini yang
rawan akan bencana banjir dan pohon tumbang.

“ Sebagai wujud nyata Bhakti Brimob Untuk Masyarakat, kami akan segera merespon apabila ada laporan atau informasi tentang adanya kejadian / peristiwa atau bencana yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat dan membahayakan keselamatan orang banyak seperti pohon tumbang, tanah longsor, banjir dan bencana lainnya,” ungkap Kompol Nur Ichsan.

” Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa berhati-hati dan waspada dalam menjalankan aktivitasnya di saat hujan khususnya ketika mengendarai kendaraan agar mewaspadai pohon-pohon besar yang berada di bahu jalan, sehingga bisa menghindar atau mengurangi resiko apabila terjadi sesuatu,” tambah Danyon yang beken dengan istilah “ Tindizzz” ini

Di tempat terpisah, Komandan Satuan ( Dansat ) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, P.S.,S.I.K.,M.Si. menjelaskan jika personel Satbrimob Polda Sulsel telah disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya bencana ketika memasuki musim penghujan seperti saat ini.

” Untuk mengantisipasi terjadinya bencana yang timbul ketika memasuki musim penghujan, kami telah menyiagakan personel SAR yang tersebar di 4 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Jadi ketika terjadi bencana personel kami akan segera berada di lokasi kejadian untuk melakukan pertolongan sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat,” pungkas Kombes Pol.
Muhammad Anis (Andi Basri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top