Politik

KPU RI Sambangi Taman Nasional Takabonerate Kabupaten Kepulauan Selayar

SELAYAR, KARYA RAKYATKU. COM– Rombongan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Bersama 12 Pimpinan KPU/ Kabupaten/kota se Sulawesi Selatan yang akan menggelar pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 mendatang menjadikan Kabupaten selayar sebagai pusat koordinasi antar KPU se
Sulsel, dan untuk melaksanakan hajatan tersebut dipilih Taman Nasional Takabonerate.

Untuk mencapai kawasan tersebut, tidaklah mudah seperti yang dibayangkan, karena harus membelah laut dengan sedikit adrenalin baru biisa sampai di Taman Nasional yang terkenal seantero dunia.

Komisioner KPU dan rombongan bertolak dari Dermaga Rauf Rahman Benteng dengan menumpangi Kapal Motor (KM) Reivero ber gt 88, dimana Kapal tersebut diproduksi di Kawasan Tana Beru, Kecamatan Bonto Bahari Butta Panrita Lopi Kabupaten Bulukumba.

Dari Dermaga Rauf Rahman, KM Reivero bertolak menuju Pulau Tinabo, Kecamatan Takabonerate, pukul 00.42 Wita, Selasa, (10/11) dinihari, kapal yang ditumpangi bergerak perlahan membelah samudera dan bentangan laut luas di tengah hembusan dingin angin malam serta temaram cahaya bintang dan rembulan menuju kawasan Pelabuhan Pattumbukang, di Desa Lowa, Kecamatan Bontosikuyu.

Hadir dalam rombongan tersebut. Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar, Nandar Jamaluddin, bersama koordinator divisi data yang didampingi jajaran staf sekretariat KPU dan segenap komponen panitia pemilihan kecamatan (PPK) dari sebelas wilayah kecamatan daratan dan kepulauan Selayar.

Setiba di kawasan Taman Nasional Takabonerate, rombongan kembali melanjutkan agenda rapat koordinasi (Rakor) membahas persoalan evaluasi daftar pemilih tetap dan persiapan data pemilih pindahan yang sebelumnya telah dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Selayar selama dua hari.

divisi data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, Sukardi menjelaskan, bahwa ditunjutnya Selayar sebagai pusat penyelenggara Rakor sesuai dengan hasil Rapat pleno KPU se Sulsesl.

“penunjukan Selayar sebagai tuan rumah penyelenggara rapat koordinasi (rakor) evaluasi daftar pemilih tetap (DPT) dan persiapan daftar pemilih pindahan (DPPh) didasari oleh hasil keputusan rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi-Selatan yang menunjuk dan mendaulat Selayar selaku tuan rumah
penyelenggara rakor”, jelas Sukardi.

Sekadar diketahui, sejumlah rangkaian agenda rapat koordinasi juga sempat dilaksanakan di kota Kalong, Kabupaten Soppeng, Tana Toraja, dan kawasan wisata Malino Kabupaten Gowa.

Di Kawasan Taman Nasional Takabonerate, selain rapat koordinasi teknis juga dirangkaikan kegiatan simulasi pemungutan suara dalam penerapan sirekap. (Andi Fadly Dg. Baritta).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top