Ekonomi

Kabid Hortikultura Kunjungi Pertanaman Cabe di Sibulue

WATAMPONE, KARYA RAKYATKU.COM– Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Pertanian Tanaman angan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, Abd Rauf, SP, M.Si, Senin, (16/3/2020) meninjau pertanaman Cabe di Dusun Bottoe Desa Pattiro sompe Kecamatan Sibule, Kabupaten Bone, Sulawesi selatan

Pertanaman cabe dengan luas areal sekira 5 Ha dan digarap beberapa masyarakat dengan harapan petani cabe tersebut bisa meningkatkan pendapatannya, selain tanaman padi dan empang.

Dalam peninjaunnya, Kabid Hortikultura bersama beberapa staf Dinas Pertanian Kabupaten Bone, didampingi CDK Pertanian Kecamatan Sibulue, H, Buhari, SP dan Kepala BPP Sibulue H. Hadrawi dan PPL Sibulue, meninjau secara langsung pertanaman cabe yang dimaksud.

Beberapa lokasi yang tergabung dalam kelompok Tani Botto sudah bisa lakukan panen, bahkan ada lokasi sudah dilakukan panen perdana dan hasilnya sangat memuaskan.

Seperti yang diutarakan Ketua Kelompok Botto, Desa Pattiro Sompe Kecamatan sibulue, Muhammad Arif, mengungkapkan, panen yang dilakukan dua hari lalu, bisa mengahasilkan sebanyak 20 Kg cabe.

“Panen perdana Cabe rawit jenis Dewata F 1 yang saya lakukan dua hari lalu, dengan luasan areal sekira 10 are sudah menghasilkan 20 kg,”jelasnya.

Kami bersyukur pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan kepada kami, sehingga, kami tidak mengeluarkan anggaran banyak untuk melakukan budidaya cabe, sarana disiapkan oleh Dinas Pertanian seperti bibit, mulsa dan sarana penunjang lainnya seperti pupuk, jadi kami tinggal pengolahan lahan saja.

Sementara itu Kepala Dinas Peratanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, melalui Kepala Bidang Hortikultura, Abd Rauf, mengapresiasi masyarakat yang mau terjun di dunia pertanian khususnya yang bergerak untuk budidaya cabe,

“Cabe adalah tanaman yang nilai ekoniminya sangat menjanjikan, dan cabe itu adalah emas, karena dimana-mana bisa laku terjual, pansa pasarnya sangat besar,”ungkap Abd Rauf. (andi basri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top