Ragam

Bupati Bone Bersama Rektor UNHAS Panen Padi di Barebbo

WATAMPONE, KARYA RAKYATKU.COM–Bupati Bone Dr.H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si bersama Rektor Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar Prof.Dr.Dwi Aries Tina Palubuhu, MA dan Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, MM, melalukan panen perdana padi di Desa Samaelo Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Selasa (3/8/2019).

Panen perdana di areal pembenihan atau penangkaran yang dikerjasamakan antara Pemerintah Kabupaten Bone, UNHAS dalam hal ini Fakultas Pertanian dan International Coorvoration and Development fun (ICDF) Taiwan dengan Centre of Excellence (CoE).

pembenihan atau penangkaran padi oleh Kelompok Tani Wanuae, Kelompok Tani ini sudah terkenal di Indonesia, karena salah satu kelompok Tani yang mempunyai Website tersendiri.

Produksi yang dihasilkan dari pembenihan ini sangat memuaskan, dengan capain 9,5 Ton / Ha dari varietas Mekongga.

Sementara itu Kadis Pertanian Tanaman Pangan Hotrikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, Ir. H. Sunardi Nurdin, M.Si, mengatakan , hasil pembenihan padi bisa meningkatkan pendapatan petani itu sendiri, karena nilai jualnya tentu di atas dari gabah biasa.

Dan yang terpenting adalah dari hasil pembenihan bisa mengurangi kebutuhan benih padi di Kabupaten Bone yang selama ini didatangkan dari luar Kabupaten Bone.

“Kami dari Dinas Pertanian Kabupaten Bone berharap, banyak kelompok Tani atau petani yang melakukan hal seperti ini, agar kebutuhan benih padi di Kabupaten Bone bisa terpenuhi tanpa mendatangkan benih dari luar,”harap Sunardi Nurdin. (aba)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top