News

Petani Tidak Usah Panik, Ketersediaan Pupuk Terjamin

KARYARAKYATKU.COM, WATAMPONE– Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone melalukan Hearing terhadap Produsen Pupuk dan Distributor pupuk bersubsidi yang beroprasi di Kabupaten Bone, Jumat (24/5/2019) di Ruang Banggar DPRD Bone.

Hearing yang dilakukan Komisi II untuk mengetahui informasi pasti terkait persedian pupuk bersubsidi di Kabupaten Bone untuk musim tanam 2019.

Ketua Komisi II Andi Idris Alang saat memimpin rapat mengatakan, bahwa banyak informasi yang berkembang akhir-akhir ini terkait dengan kelangkaan pupuk bersubsidi yang dialami petani di Kabupaten Bone.

“Petani banyak mengeluh karena ketersidiann pupuk bersubsi bagi petani sudah langka, sementara musim tanam khususnya padi baru dimulai,”tegasnya.

Lanjut politisi Partai Golkar ini menanyakan kenapa bisa langka, sementara data yang ada ada tambahan qouta untuk Kabupaten Bone dari 70 ribu ton menjadi 90 ribu ton.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultuta dan perkebunan Kabupaten Bone IR. H. Sunardi Nurdin, M.Si menjelaskan bahwa ketersidaan pupuk subsidi untuk petani cukup.

Hal senanda diungkapkan Produsen pupuk Petro Kimia dan Pupuk Kaltim, menyebutkan ketersidian pupuk bersubsidi di Kabupaten Bone cukup dan menjamin tidak ada kelangkaan pupuk.

Hanya saja, mungkin karena puncak pemakaian petani khususnya petani padi bersamaan sehingga pendistribusian tidak bisa bersamaan, hal itu yang menyebabkan keterlambatan, tapi itu bukan kelangkaan, jelas Kadis Pertanian.

Karena menurutnya, setelah melakukan pengecekan di Gudang-gudang produsen ternyata stok pupuk masih sangat banyak.

Jadi petani tidak perlu panik, karena kami dari Dinas peratanian bersama Produsen menjamin ketersidiaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Bone.

“Petani tidak usah panik, karena ketersidiaan pupuk bersubsidi masih sangat banyak,”pungkas Kadis Pertanian Bone. (aba)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top