News

Wakil Bupati Terima Rombongan PRBM Malaysia di Bola Soba Bone

BONE, KARYARAKYATKU.COM– Rombongan Perpaduan Rumpun Bugis Malayu Malaysia (PRBM) diterima oleh  Pemerintah Kabupaten Bone secara adat Kerajaan Bone di Istana Raja Bone yakni Bola
Soba.
Rombongan yang bertema “Jalinan Kasih seri 2 2018” diterima secara Resmi oleh Wakil Bupati Bone, Drs. Ambo Dalle, MM sengan adat dan tradisi kerajaan Bone.

Prosesi secara adat sangat kental mewarnai penerimaan tamu dari Negeri Jiran Malaysia ini, walaupun memang sesama rumpun Bugis, akan tetapi rombongan ini berasal dari negara lain sehingga penjemputannaya dilakukan secara adat.

Sebelum memasuki  singgasana Istana Kerajaan Bone (Bola Soba) prosesi adat dilakukan seperti
penyambutan tetamu agung dengan dipanyungi payung tenddung pulaweng dan tarian dari anak dara Bone yakni tari Alusu.

Wakil Bupati Bone mengalungkan sarung sutra pada Ketua Klub 4×4 Sabah Malaysai, Tuan Haji Syamsuddin Asoeng. pengalunagan sarung sutra sebagai simbol bahwa tamu harus dihormati dan sudah menjadi bagian dari keluarga.

Sebelum menaiki anak tangga Istana Raja Bone, (Bola Soba),  Wakil Presiden PRBM, Andi Tasman Mato terlebih dahulu menginjak  sesuatu yang telah dipersiapkan hingga pecah yang disebut Taluttung Pute Innong kinnong,.

Setelah itu, ditarik naik ke Istana Raja (Bola Soba) dengan untaian menelusuri anak tangga oleh seorang Bissu sampai ditempat yang telah disedikan yakni Lamming Arajang.

Tetamu dari Malaysia disuguhi beberapa tarian kreasi dari siswa-siswa sekolah menegah Atas (SMA) sebelum dimulai acara sambutan.

Andi Tasman Mato dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih yang tak terhingga pada Pemerintah Kabupaten Bone, atas jemputannya secara adat Kerajaan Bone.

Wakil Bupati Bone, Drs. H. Ambo Dalle, MM, sebelum melanjutkan sambutan penerimaannya, menyampaikan permohonan maaf Bupati Bone Dr. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si yang sedianya menerima Tamu dari Malaysia akan tetapi sesuatu hal beliau tidak sempat bersama kita semua disini., Beliau  saat ini (Bupati Bone) tidak bisa bersama kita karena ada acara di Jakarta.

H. Ambo Dalle mengemukakan bahwa kunjungan PRBM merupakan sesuatu yang sangat bernilai,
karena kunjungan saudara kami dari Malaysia ini yang terhimpun dalam PRBM dengan berbagai
etnis Bugis tentu sangat dirindukan sama keluarga di Sulawesi Selatan. Dengan kunjungan ini
jalinan kasih bisa semakin erat antara sesama keluarga khususnya dan antara negara Indonesia dan Malaysia.

“Bersyukurlah karena ada perhimpunan yang dibentuk, yang bisa menghimpun semua keluarga dari
Sulawesi Selatan khususnya keturunan Bugis di Negara Malaysia,” tutur Wakil Bupati Bone. mengakhiri sambutannya.

Diakhir acara Wakil Bupati Bone menyerahkan dua cindaramate berupa miniatur Patung Arung Palakka Raja Bone kepada Rombongan PRBM yang diwakili Timbalan Presiden PRBM Andi Tasman Mato dan Ketua Klub 4×4 Sabah Malaysia Tuan Haji Syamsuddin Asoeng. Begitu juga sebaliknya pihak PRBM menyerahkan cendramata kepada Pemerintah Kabupaten Bone dalam hal ini Wakil Bupati Bone, Drs H. Ambo Dalle, MM.
Andi Basri

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top